Market Info

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Breaking News

Website Instan
Email Hosting

Alasan Pakai Tablet Lebih Nyaman Ketimbang Laptop

Posting Komentar

 


Perkembangan teknologi kian menjadi dan semakin diminati. Seperti halnya perkembangan Komputer dari masa ke masa. Apalagi komputer menjadi sebuah kebutuhan pengharusan yang memang mendukung sebuah pekerjaan.

Sebagai freelance blogger tentunya penggunaan computer tentu hal primer yang paling utama. Selain keperluan untuk menulis artikel, komputer juga dibutuhkan untuk keperluan setting dan maintenance laman blog dan website.

Kenyamanan komputer dari waktu ke waktu juga bergerak semakin bertumbuh. Didukung dengan pembaruan dan teknologi yang makin uptodate. Komputer yang dulu kita kenal dengan layar tabung, kemudian bertransformasi mengunakan layar LED yang semakin menipis bagai potongan keripik singkong. Serta didukung processor canggih kian menggebu.

Dari lini postabilitas, komputer portabel kita mengenal adanya Laptop. Komputer portabel yang dapat dilipat serta sangat ringkas dari penggunaan komputer pada umumnya juga kian andil dalam bertransformasi. Seperti diketahui berbagai macam laptop sekarang ini, ada Notebook, Netbook, Ultrabook, serta Laptop Hybrid yang bisa berubah-ubah wujud menjadi Laptop dan Tablet.

Dari segi mobilitas, kita mengenal adanya PC Tablet, yang di mana lebih ringkas dar sebuah laptop. Komputer tablet atau yang kita kenal sebagai tablet PC merupakan alat Personal Computing (PC) yang penggunaannya lebih simple dari sebuah komputer pada umumnya, namun tidak ada yang berubah dari fungsi sebuah komputer. Hanya saja komputer tablet dibuat untuk kebutuhan pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Sehingga sangat ringan dan praktis untuk dibawa.

Untuk produktivitas, tablet PC tidak kalah dengan Laptop. Sudah banyak tablet keluaran-keluaran terbaru yang kian menandingi performa dar sebuah Laptop. Bahkan pekerjaan-pekerjaan berat komputer bisa dilibas dengan sebuah tablet sekalipun.

Sistem operasi tablet PC juga beragam, mulai dari OS android, IOS, Windows, Linux dan masih banyak lagi. Untuk tablet PC dengan Sistem operasi Android bisa ditemukan pada Brand Samsung galaxy Tab, Advan, Xiaomi dan yang baru launching ini ada Realme dan OPPO dengan tablet barunya. Selain itu ada IOS bisa kita temuka pada perangkat besutan APPLE yang sangat ekslusif yakni Ipad dengan variant terbarunya Ipad Pro, Ipad Air dan Ipad Mini. Sistem operasi Windows dari Microsoft juga dibenamkan pada perangkat Tablet PC, OS Windows ini bisa kita temukan pada produk Advan, Wearness, Hewlett-Packard (HP), Dell, Acer yang mengusung tablet untuk keperluan Essential Office.

Ketertarikan saya akan PC tablet karena kepraktisannya dibanding membawa sebuah Laptop. Mobilitas pekerjaan seakan menuntut saya untuk menggunakan fungsi sesungguhnya dari sebuah tablet. Selain membantu sebuah pekerjaan tugas-tugas kantor, Tablet juga berperan aktif dari segi hiburan. Tentunya saya lebih sering menggunakan tablet untuk menggantikan fungsi sebuah laptop.

Tablet PC tidak memerlukan kipas seperti untuk mendinginkan mesin processor seperti pada sebuah komputer dan laptop. Dengan begitu, daya dari sebuah tablet PC diklaim lebih hemat dari Laptop.

Dahulu sebelum meminang Tablet PC, saya dua unit mempunyai Laptop yang sekarang ini terbengkalai karena sudah rusak. Kerusakan dari kedua unit laptop milik saya itu terjadi pada Mainboard yang Overheat. Terlalu lama dalam menggunakan laptop pun membuat suhu laptop menjadi panas dan berakibat Overheat. Terlebih jika pemakaian nonstop.

Dari kejadian tersebut akhirnya saya memilih Tablet PC untuk keperluan pekerjaan. Dan menggantikan peran Laptop. Selain ukurannya yang ringkas, Tablet PC tidak memerlukan daya yang besar dan tidak adanya kipas pendingin pada mainboard  unit. Suhu tablet PC tergolong adem saat penggunaan normal untuk Essential Office. Tidak seperti laptop, ketika digunakan hanya untuk komputerisasi ringan pun panasnya minta ampun. Ya, apalagi harus sering ganti pasta thermal biar kipas laptop jadi adem lagi.

Iseng-iseng cari di marketpace, saya akhirnya saya menemukan Tablet yang sesuai banget dengan budget saya waktu itu. Ya, saya menemukan Weraness LP-W841 yang sudah bundling dengan keyboard. Dengan harga 800 ribuan, saya sudah bisa dapet tablet PC dengan spek yang sama persis dengan Netbook. Dipersenjatai dengan dapur pacu Intel Atom Z3735G 1,33GHz, Memori Internal 1 GB, serta OS Windows 8.1 32 bit. Nggak bagus-bagus banget emang, tapi itu udah cukup buat nge-handle tugas-tugas, ngetik artikel, dan keperluan nge-Blog.

Pengennya sih upgrade ke Ipad Pro, tapi selama masih bisa digunakan dengan lancar sampe saat ini saya masih setia pake ni tablet. Dan alasan terakhir saya lebih nyaman menggunakan tablet, ketika dibawa bepergian itu simple banget, nggak makan space, dan juga asik banget kalo saya lagi nongki di café sama Client atau kumpul Bisnis. Berasa kekinian aja gitu kalo bawa tablet, walaupun itu cuma buka-buka menu nggak jelas. Ya, saya itu sebenernya nggak fokus kalo ngerjain sesuatu project di tempat umum kaya di café-café gitu. Lebih memilih tempat sepi seperti di kamar sambil nyatai dan cepet dapet inspirasi.

Ya, kebutuhan orang pada perangkat tablet juga beda-beda ada yang untuk main Game, Desain, Tugas kantor atau bahkan untuk milih sebuah menu di Retoran semua bisa menggunakan tablet.

Sekian pengalaman dan kenyamanan dalam penggunaan saya untuk memilih tablet PC ketimbang laptop. Share juga jika kalian punya hal dan pengalaman menarik dalam penggunaan tablet PC di kolom komentar. Dan juga bagikan artikel ini jika menarik dan bermanfaat, salam Sosial, Tapak Blogger.

 

Sigit Rinaldy
Blogger yang doyan ngoprek. Banyak Sukanya, Banyak Hobinya. Suka banget Nge-Blog, Suka Nulis, Suka Makan, Traveling, Suka banget Nge-Bucin. Hobinya ngonten, Fotografi, Videografi, Editing, Desain grafis, serta doyan Ngobrol, ujung-ujungnya Ghibah.

Related Posts

Posting Komentar