Market Info

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Breaking News

Website Instan
Email Hosting

Asyiknya Nuba, Tradisi Menangkap Ikan Di Sungai Bersama Warga Cidokom, Gunungsindur.

Bogor - Tapak Blogger, Banyak cara ketika mengisi waktu luang atau liburan di akhir pekan. Berbagai macam kegiatan yang dilakukan demi melepas penat setelah bekerja. 

Tak seperti di Kota, yang menjelang weekend orang-orang berbelanja atau pergi ke tempat hiburan merefresh pikiran yang telah lama ditempa, lain cerita dengan orang-orang Desa yang banyak menghabiskan waktu luang dengan mengisi kegiatan kebersamaan serta melakukan tradisi adat turun temurun.

Melihat lebih dekat asyiknya keseruan 'Nuba', tradisi menangkap ikan di sungai bersama warga Kp. Cidokom, RT.004 RW.004 Desa Cidokom, Gunungsindur - Bogor.

Kegiatan menangkap ikan di sungai oleh warga setempat sudah dilakukan turun temurun. Tua muda, Laki-laki dan Perempuan turut serta dalam kegiatan ini.

Bagi warga setempat, tradisi menangkap ikan ini sudah menjadi kegiatan rutin di waktu-waktu tertentu misalnya, menjelang weekend, Perayaan pesta rakyat, serta menyambut datangnya Puasa dan Lebaran.

Kegiatan Nuba tidak bisa diprediksi kapan waktu pasti tradisi menangkap ikan ini dilaksanakan, jika prediksi ikan-ikan di sungai sedang melimpah tradisi Nuba biasanya dilaksanakan 1-2 kali dalam satu bulan.

Tak hanya ikan, hasil buruan Nuba bisa berupa Udang udang kecil air tawar yang terkapar di pesisir sungai.

Nuba atau Tuba biasa warga menyebutnya, menurut  Tokoh Sesepuh warga setempat, Wa Totong (75), Kakek lansia ini pun tak segan untuk memaparkan kegiatan penangkapan ikan di sungai atau Nuba sudah dilakukan sejak masa kecil dulu, banyak ramuan tradisional untuk menangkap ikan-ikan di sungai.

Seperti yang beliau paparkan, untuk membuat ramuan Tuba, warga biasanya menggunakan ramuan dari Akar Tuba, sejenis akar-akar pohon jalar berdaun kecil yang nantinya ditumbuk untuk dijadikan racikan Tuba.

"Dulu make akar Tuba, ditumbuk biar ikan pada mabok di kali, sekarang mah orang modern pake Obat kimia,"ujarnya

(08/05/2023)

Selain akar Tuba, Obat kimia sejenis Deris lebih sering digunakan sekarang ini, selain lebih efisien dan hemat waktu, obat kimia juga lebih mudah didapat di pasaran.

Lain halnya yang diceritakan oleh isterinya Ma Encan (69), sapa orang-orang kepada beliau.

"Sekarang mah beda, pada pake obat Deris, orang dulu mah Nuba kudu diajiin, ada ritualnya, biasanya kakek orang tua kita dulu ada yang biasa bacain Do'a sebelum Nuba," tuturnya 

(08/05/2023)

Tradisi Nuba juga menjadi sarana tontonan hiburan bagi warga sekitar yang melihatnya, mabuknya ikan-ikan di sungai menjadi keberkahan tersendiri bagi warga setempat.

Tak jarang ikan ikan hasil tangkapan itu pun bisa mereka jual atau untuk menu makanan di Dapur.

(11/05/2023)

Tapak Blogger | Sosial, Review, dan Traveling.



Sigit Rinaldy
Blogger yang doyan ngoprek. Banyak Sukanya, Banyak Hobinya. Suka banget Nge-Blog, Suka Nulis, Suka Makan, Traveling, Suka banget Nge-Bucin. Hobinya ngonten, Fotografi, Videografi, Editing, Desain grafis, serta doyan Ngobrol, ujung-ujungnya Ghibah.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar