Market Info

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Breaking News

Website Instan
Email Hosting

5 Peralatan Wajib Bagi YouTuber Pemula

https://www.bintangsinyal.com

Doc. Image Bintang Sinyal

5 Peralatan Wajib Bagi YouTuber Pemula-bintangsinyal.com

Kini banyak orang nge-youtube bukan hanya sekadar melepas hobi. Selain berbagai sarana informasi, saat ini banyak orang menggunakan YouTube sebagai sarana mencari uang. Itu semua diperlukan keseriusan serta konsistensi agar dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan memiliki daya minat pengguna internet. 

Disamping itu, tentunya juga dibutuhkan alat dan sarana untuk menyalurkan hobi penghasil uang ini. 
Ada beberapa peralatan yang dapat menunjang kebutuhan kegiatan untuk memproduksi video YouTube, mulai dari peralatan sederhana maupun peralatan profesional sekali pun. 

Untuk tingkatan pemula yang baru ingin terjun ke dunia YouTube, tentu alat yang dibutuhkan bisa dibilang semi semi mudah. Karena harga dari peralatan yang  juga variatif baik yang murah maupun mahal. 

Berikut adalah beberapa peralatan wajib untuk seorang YouTuber pemula :


1. HP Android


HP Android atau Smartphone, alat wajib pertama yang harus dimiliki oleh seorang YouTuber pemula. Smartphone hampir setiap orang baik tua muda maupun dewasa sekarang ini mayoritas memilikinya.

Selain penggunaan yang simple dan banyak beragam aplikasi yang dapat dijalankan di sistem operasi android, sangat memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Selain itu, fitur kamera juga sangat penting untuk digunakan dalam merecord video YouTube. 


2. Tripod


Dalam menunjang operasional perekaman video, tentu hal yang paling penting adalah hasil dan kualitas dari video yang dihasilkan. Tentunya kualitas video YouTube juga tak boleh amatiran agar bisa dinikmati para penontonnya. Pembuatan video yang baik dan enak dipandang mata juga menjadi nilai plus. 

Diperlukan juga peralatan salah satunya adalah TRIPOD, yang berfungi agar video yang dihasilkan tidak goyang dan menjadi stabil. Harga dan jenis tripod dipasaran juga banyak, dari yang paling kecil serta yang besar lebih solid dan kokoh. Selain tripod bisa juga menggunakan Monopod atau Tongsis, biasanya tongsis digunakan untuk konten YouTube vlog atau travelling, sedangkan Tripod banyak digunakan pada video YouTube jenis review, talkshow, serta video-video yang tidak banyak bergerak dengan pengambilan gambar secara spontan.

Tripod dan Tongsis bisa dengan mudah dibeli pada marketplace atau online shop. 


3. Microphone Smule


Selain untuk menghasilkan gambar yang bagus, tentunya point penting selanjutnya adalah kualitas suara dari video-nya. Suara dari video yang baik dan berkualitas juga membuat nyaman para penonton. Tidak perlu budget mahal untuk menunjang alat ini, cukup gunakan Microphone Smule dengan suara yang lumayan jernih. Microphone Smule ini juga banyak jenisnya, tapi untuk yang paling terjangkau bisa memilih berjenis Handsfree yang sudah satu set plus microphone nya. Cukup budget mulai dari 8 ribuan kita bisa mendapatkannya di toko-toko online. 


4. Lighting


Agar dapat menaikkan kualitas video yang lebih baik lagi, kecerahan gambar adalah nilai plus dari konten yang kita buat. Penerangan yang baik juga bisa ditentukan dengan tata cahaya dan proses editing video. 

Penerangan yang paling mudah bisa memanfaatkan cahaya matahari, namun untuk penerangan dan pengambilan gambar  dalam ruangan tentu harus menggunakan peralatan pencahayaan yang mendukung seperti lampu pijar maupun peralatan lighting profesional. 

Untuk daya dan watt yang dihasilkan pun bermacam-macam, semakin besar watt lampu maka semakin terang cahaya  yang didapat serta juga makin besar pula biaya listrik yang dibutuhkan. 

Jika kita mencari lighting studio di marketplace, tentu akan disuguhkan bebagai macam merk serta harga. Pilihan lampu lighting dapat menyesuaikan kebutuhan pencahayaan video. 


5. Software Editing


Point ke lima yang wajib adalah kerapihan video, agar menarik dan enak dilihat tentunya. Dibutuhkan perangkat lunak untuk proses editing untuk hasil video yang maksimal. Ada banyak software aplikasi editor yang dapat digunakan, seperti tingkat profesional dengan Adobe Premiere.
Akan tetapi untuk dapat menjalankan software editing video tersebut dibutuhkan pula perangkat dengan spesifikasi dewa, dan Adobe Premiere hanya bisa digunakan pada perangkat Personal Computer yang harga nya pun lumayan mahal. Tentu ini menjadi halangan terberat bagi calon YouTuber pemula. 

Untuk alternatif hal tersebut, kini pengguna Smartphone baik android maupun IOS juga disuguhkan dengan aplikasi editing video yang gratis dan berbayar. Aplikasi editing video juga banyak sekali jenisnya, mulai dari yang paling mudah sampai yang banyak fitur-fitur didalamnya. Rekomendasi software aplikasi editing video bagi YouTuber pemula bisa menggunakan software gratisan dan berbayar seperti Fimmora, Kinemaster Pro, Viva Video, dan masih banyak lagi. 

Itulah mengapa sangat penting sekali peralatan-peralatan penunjang dalam proses produksi suatu video, tentu juga akan berdampak pada kualitas video yang dihasilkan. 


Share jika artikel ini bermanfaat,




Sigit Rinaldy
Blogger yang doyan ngoprek. Banyak Sukanya, Banyak Hobinya. Suka banget Nge-Blog, Suka Nulis, Suka Makan, Traveling, Suka banget Nge-Bucin. Hobinya ngonten, Fotografi, Videografi, Editing, Desain grafis, serta doyan Ngobrol, ujung-ujungnya Ghibah.

Related Posts

Posting Komentar